稼行鉱山の概要

In document Microsoft Word - カナダ 大洋社新.doc (Page 32-37)

第 2 章 各論

2.4. 稼行鉱山の概要

Rumus:

Skor jawaban Anda yang benar

Tingkat penguasaan = X 100%

Skor total (25)

Penentuan Skor : Setiap butir soal yang dijawab dengan benar (100%) diberi skor skor 5

Arti tingkat penguasaan yang Anda capai : 90 – 100% = baik sekali

80 - 89% = baik 70 – 79% = cukup < 70% = kurang

Bila Anda mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat melanjutkan dengan Unit selanjutnya. Selamat untuk Anda ! Tetapi apabila tingkat penguasaan Anda masih di bawah 80%, Anda harus mempelajari kembali materi sub-Unit 1.23 terutama bagian yang belum Anda kuasai.

F. KUNCI JAWABAN TES FORMATIF

Kunci Jawaban sub-Unit 1.1.

1. Jawaban Anda benar jika mengandung kata kunci: nilai ilmiah = kebenaran dapat dibuktikan semua orang (skor=2); jika contoh konsep diikuti langkah-langkah eksperimen pembuktiannya.(skor = 3)

2. Benar jawaban Anda jika jawaban mengemukakan bahwa IPA disusun dai hasil bekerja dan berbuat ilmuwan (skor = 2,5); dan Belajar IPA dituntut melalui proses bekerja dan berbuat agar dapat pemahaman yang mendalam (skor = 2,5).

Pengembangan Pembelajaran IPA SD 57

3. Jawaban Anda harus memuat penjelasan Alat ukur digunakan untuk dapat memperoleh data yang kita inginkan yang lebih akurat (skor = 2); dan alasan yang mengemukakan bahwa penyebab keterbatasan kemampuan alat indera kita dalam memberikan hasil pengukuran yang akurat sehingga dibutuhkan alat ukur dalam pengamatan. Misal kita tidak dapat mengetahui suhu benda dengan tepat tanpa bantuan thermometer.(skor = 3).

4. Yang harus dilakukan seseorang agar temuannya di bidang IPA mempunyai nilai objektivitas yang tinggi adalah dengan cara membawa temuan ke sidang ilmiah regional, nasional, atau internasional (skor = 5)

5. Anda benar jika pemahaman Anda terhadap ukuran “jengkal” tidak objektif

(skor = 2); sebab ukuran jengkal tidak konstan, sehingga data pengukuran dengan jengkal menjadi sangat bervariasi (skor = 1,5). Contoh: Benda yang sama bila diukur dengan jengkal orang yang berbeda hasilnya tidak sama, jadi tidak objektif (skor = 1,5).

Kunci Jawaban sub-Unit 1.2

1. Jawaban cukup jelas (lihat di uraian tentang keterampilan proses dasar 2. Jawaban cukup jelas (lihat 9jenis keterampilan proses IPA dasar)

3. Jawaban cukup jelas (lihat di uraian tentang keterampilan proses IPA terintegrasi)

4. Jawaban cukup jelas (lihat 10 jenis keterampilan proses IPA terintegrasi)

5. a. Tekstur tanah ada 3 macam yaitu pasir, lempung, dan liat maka rumusan masalahnya:

 Bagaimanakah pertumbuhan tanaman jagung pada tanah tekstur pasir? (skor = 3)

 Bagaimanakah pertumbuhan tanaman jagung pada tanah tekstur lempung? (skor = 3)

Bagiamanakah pertumbuhan tanaman jagung pada tanah tekstur liat? (skor = 3)

5 8 Pengembangan Pembelajaran IPA SD

 Variabel bebas: jenis tekstur tanah. Jenis tekstur tanah ini dijadikan variabel bebas karena jenis tekstur tanah yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman jagung.

 Variabel terikat: pertumbuhan tanaman jagung. Pertumbuhan tanaman jagung merupakan variabel terikat karena terjadinya pertumbuhan diakibatkan oleh jenis tekstur tanah.

 Variabel control: jenis tekstur tanah yang sama. Tekstur yang sama memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan, sehingga hasil ini memperkuat hasil bahwa pertumbuhan yang berbeda hanya disebabkan oleh perbedaan jenis tekstur tanah yang berbeda pula. c. Definisi operasional masing-masing variabel

 Variabel bebas: jenis tekstur tanah yang digunakan adalah tekstur pasir, liat, dan lempung dengan jumlah tanah yang sama banyak dan kondisi awal (tingkat kekeringan) yang sama pula.

 Variabel terikat: pertumbuhan tanaman.Yang dijadikan indikator pertumbuhan adalah panjang batang, jumlah daun, warna daun, lebar daun.

 Variabel kontrol: pertumbuhan tanaman jagung pada variabel kontrol diamati dengan cara sama seperti halnya pada variabel bebas.

6. Penjelasan IPA sebagai produk cukup jelas (bacalah uraian tentang IPA pada dimensi produk)

7. Lima macam produk IPA cukup jelas

8. Jawaban Anda benar, jika fakta-fakta dari konsep ”pemuaian pada benda

padat” adalah seperti tabel hasil percobaan di bawah ini.

No Nama benda

Ukuran panjang benda Sebelum

dipanaskan (cm)

Sesudah dipanaskan (cm) 1 Potongan jeruji sepeda ... ...

2 Potongan seng ... ... 3 Potongan aluminium ... ...

Pengembangan Pembelajaran IPA SD 59

9. Konsep–konsep pada prinsip ”gaya mempengaruhi kecepatan gerak benda”

yang Anda identifikasikan benar, jika yang Anda maksudkan adalah konsep gaya, konsep gerak,dan konsep kecepatan.

10. Pengertian sikap ilmiah dalam uraian di atas cukup jelas

11. Hasil identifikasi contoh sikap ilmiah yang dapat terkembangkan melalui pembelajaran IPA SD/MI dari KD ”Menyimpulkan hasil percobaan gaya

dapat mempengaruhi gerak benda” adalah: sikap ingin menyelidiki

(curiocity), sikap tidak cepat menarik kesimpulan, sikap terbuka, objektif terhadap fakta dan yang lainnya.

12. Hubungan sikap ilmiah dengan sikap mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa; penjelasan Anda benar jika Anda dapat menghubungkan antara sikap ilmiah terbentuk melalui serangkaian proses ilmiah dalam mempelajari fenomena alam, dan fenomena alam diciptakan dan diatur atas kehendak Tuhan YME.

Kunci Jawaban sub-Unit 1.3

1. Cukup jelas periksa pada Tabel 3.1

2. Jawaban Anda benar jika mengandung pernyataan-pernyataan:Dampak pengertian belajar dan pembelajaran behavioristik terhadap pembelajaran IPA SD/MI adalah dijelaskan sebagai pembelajaran IPA SD/MI yang behavioris adalah (a) bahan kajian IPA disusun secara hirarkis, (b) pemberian stimuli (rangsangan) yang berupa benda-benda di lingkungan sekitar yang sesuai dengan bahan kajian, (c) dengan adanya rangsangan siswa memberikan respons sebagai bentuk hasil belajarnya berupa perubahan tingkah laku, (d) siswa yang berhasil diberi pujian.

3. Anda benar, jika jawaban Anda mengarah pada informasi tentang (a) kemampuan anak berpikir konkret adalah bahwa anak hanya dapat melakukan operasi-operasi mental dalam proses belajarnya dengan memanipulasi benda-benda konkret, (b) karena anak tersebut belum mampu berpikir hal-hal yang abstrak,. (c) Contoh anak belajar tentang benda padat. Agar anak mampu membangun konsep benda padat, maka kepada mereka diberikan berbagai benda padat di lingkungan sekitar untuk dipegang, diraba, dibau, diukur,

6 0 Pengembangan Pembelajaran IPA SD

diremas dan sebagainya sehingga anak mengenal untuk dipahami tentang konsep benda padat dari ciri-cirinya.

4. Anda benar manakala jawaban Anda mengarah pada informasi bahwa pembelajaran IPA SD/MI adalah

a) pembelajaran yang selalu diawali dengan menghubungkan pengetahuan awal yang telah ada pada diri siswa dengan bahan yang akan dipelajari b) pembelajaran ditekankan pada proses mencari tahu atau melakukan

kegiatan manipulatif melalui pengembangan proses-proses IPA untuk mengumpulkan bukti-bukti

c) bukti-bukti/fakta-fakta yang terkumpul dijadikan sarana untuk membangun pengetahuan IPA

d) Pengetahuan yang dibangun belum tentu cocok dengan pengetahuan para ahli, karena itu selanjutnya pengetahuan yang belum mapan ini perlu diluruskan dengan bantuan guru Pengetahuan yang telah menjadi milik siswa ini selanjutnya diterapkan untuk memecahkan masalah terkait, yang terjadi di lingkungan sekitar.

In document Microsoft Word - カナダ 大洋社新.doc (Page 32-37)