施設の復旧対策

In document 須賀川市地域防災計画(表紙・目次) (Page 195-199)

ービ

第1節 施設の復旧対策

Pembahasan kegiatan yang dilakukan selama praktek kerja lapangan dengan teori yang ada akan diambil dari masing – masing tugas yang diberikan oleh masing – masing Seksi bidang di PPI.

1. Seksi bidang SDM, tugas pokok dari bidang ini adalah membuat Analisa Berita Daerah provinsi Lampung. Dimana yang dimaksud adalah kegiatan meringkas berita berita penting dari 3 media cetak di provinsi Lampung.

Berita penting ini adalah informasi yang dianggap penting bagi masyarakat atau mengandung news value. Informasi tersebut bisa mengenai kesehatan, ekonomi, politik, pendidikan dsb. yang perlu diketahui oleh masyarakat Lampung setiap harinya.

Dalam menganalisis berita di koran tersebut langkah yang penulis lakukan, pertama, membaca secara keseluruhan berita yang dimuat di media tersebut, kemudian pahami topik yang di bahas, bandingkan dengan media cetak yang lain apakah inti pemberitaanya sama, setelah menemukan intisari barulah penulis membuat ringkasan beritanya yang kalimatnya mengutip dari isi pemberitaan koran tersebut.

Langkah yang penulis lakukan dalam meringkas berita, lebih kurang sama dengan artikel yang ditulis oleh Suzanne Pitner (Pengajar dan Aktivis Media), dalam artikelnya beliau menjelaskan mengenai bagaimana cara menganalisis berita, yang beliau singkat dengan istilah strategi COPS (Context, Opinion, Perspective, Sources):

Berita bersifat menginformasikan realitas yang bersifat sepotong – sepotong. Realitas diambil melalui kamera atau mata wartawan dan diinformasikan ke publik. Kamera dan mata wartawan tentunya memiliki keterbatasan dan fokus pemberitaan dari seorang wartawan yang bersifat subjektif pun ikut andil, sehingga berita tidak bisa menginformasikan realitas yang sebenarnya. Maka dari itu pada saat penulis membuat ringkasan berita dari 1 media penulis juga membandingkan dari dua media lainnya apakah inti pemberitaanya sama atau tidak, apabila intinya sama fokus pemberitaan sama penulis mulai melakukan ringkasan berita.

Pada bidang ini, kegiatan yang saya lakukan selama masa PKL adalah memilih berita untuk di muat di papan informasi dan di klipping. Berita informasi yang di ambil adalah berita teraktual setiap harinya yang berkaitan dengan provinsi Lampung. Ilmu yang penulis dapat dibangku perkuliahan memudahkan penulis dalam mengelompokkan berita – berita sesuai dengan topiknya serta dengan mudah memahami berita informasi mana yang layak untuk di muat di papan informasi dan mana yang tidak.

3. Seksi Bidang informasi dan penyerapan aprisiasi/opini publik.

Tugas pada seksi ini yang penulis lakukan adalah membuat berita untuk majalah Saburai.

Pembuatan majalah saburai ini informasinya bersumber dari hasil klipping berita berita yang dikumpulkan dari berbagai media cetak yang sudah di bukukan dan juga media internet. Berita yang diangkat juga seputar kegiatan / aktivitas di lingkungan pemerintahan provinsi Lampung selama sebulan terakhir, karena majalah Saburai ini terbit setiap bulannya.

Dalam pembuatannya penulis berpedoman pada ilmu yang sudah penulis dapat di bangku perkuliahan, dimana sebuah berita harus mengandung 5W + 1H. (What, Where, Who, Why, When, How). Kalimat struktur berita pun seperti Piramida terbalik. Penulis mengumpulkan berita – berita dari berbagai media cetak di provinsi Lampung mengenai kegiatan / aktivitas pemerintah provinsi Lampung. Namun, isi berita dibuat untuk kepentingan pemerintah provinsi Lampung sehingga isinya tidak boleh menjelek – jelekan. Berita yang dibuat hanyalah berita baik dan kabar bahagia dari pemerintah provinsi Lampung.

III. PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Kerja praktek sangat berguna untuk para mahasiswa, khususnya penulis untuk mempraktekkan ilmu atau teori yang telah diajarkan sebelumnya di bangku pekuliahan. Disamping itu, kerja praktek membuat pikiran lebih terbuka dan dapat menganalisa suatu pekerjaan atau tugas dan belajar untuk bertanggungjawab terhadap diri sendiri, atasan dan perusahaan, karena apa yang penulis kerjakan membawa nama besar perusahaan tersebut.

Kerja praktek juga memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengembangkan kecakapan dalam berkomunikasi. Karena, berkomunikasi adalah salah satu faktor penting untuk dapat sukses dikehidupan ini, dengan membangun relasi yang banyak membuat penulis mengetahui informasi yang berguna bagi karir penulis di kemudian hari. Dan, tentunya jurusan yang dipilih penulis sangat berkaitan dengan komunikasi.

Diskominfo Provinsi Lampung adalah lokasi PKL yang dipih oleh penulis untuk melakukan kegiatan praktek kerja lapangan atau magang, karena menurut penulis Diskominfo merupakan instansi yang dapat memberikan banyak pengetahuan yang tidak diketahui sebelumnya oleh penulis.

Diskominfo adalah salah satu instansi pemerintah dimana di dalamnya terdapat bidang - bidang yang sesuai dengan jurusan yang penulis tempuh saat ini. Kegiatan yang dilaksanakan, tugas – tugasnya sedikit banyak ilmunya sudah penulis dapatkan di bangku perkuliahan sehingga memudahkan penulis dalam mengerjakan tugas – tugas yang diberikan.

Penulis melakukan aktivitas secara menyeluruh di bidang PPI. penulis belajar membuat ringkasan berita penting, mengedit berita, serta memilah informasi yang baik untuk di publikasikan.

1.1 Saran

Sesuai dengan pengamatan penulis dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan selama 30 Hari di Diskominfo, terdapat beberapa saran yang mungkin dapat memberi kebaikan bagi semua pihak, yaitu sebagai berikut :

1) Diskominfo diharapkan terus konsisten dalam menjalankan visi dan misinya yaitu Terwujudnya Pusat Informasi dan Komunikasi untuk menunjang pembangunan daerah menuju Lampung unggul dan berdaya saing. Penyelenggaraan komunikasi dan informatika yang efektif dan efisien, bentuk publikasi atau promosi dari Pusat Telekomunikasi dan Informatika, sepeti website, dapat terus dikembangkan dan dimaksimalkan. Karena website merupakan sarana promosi yang sangat mudah diakses oleh publik di manapun mereka berada.

2) Diskominfo diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya dalam memberikan informasi yang sesuai dengan keadaan pemerintahan provinsi Lampung sehingga masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan akan informasi, mengenai pemerintahan provinsi Lampung.

3) Diskominfo di harapkan dapat terus menjaga hubungan baik dengan wartawan – wartawan media cetak maupun elektronik yang ada di provinsi Lampung.

In document 須賀川市地域防災計画(表紙・目次) (Page 195-199)