4. 設定

4.6. 基本機能の設定(Basic Switch Configuration)

4.6.10. 時刻の設定(Time Configuration)

Tujuan pembelajaran:

Setelah mempelajari materi pada subbab ini, kamu diharapkan dapat:

1. mengungkapkan gagasan utama/ide pokok dalam setiap paragraf pada suatu teks bacaan, 2. menunjukkan letak kalimat utama dalam suatu paragraf pada teks bacaan.

Setiap wacana atau bacaan mengandung informasi atau permasalahan. Informasi tersebut tersaji dalam suatu paragraf. Suatu paragraf terdiri atas satu gagasan utama yang dirangkai dengan beberapa kalimat penjelas. Gagasan utama atau kalimat utama dapat terletak di awal paragraf, tengah paragraf, di akhir paragraf, maupun di awal dan di akhir paragraf.

Perhatikan contoh berikut!

Bersahabat dengan Internet

Besok internet akan datang ke desa kita. Internet bisa mengajak kita melihat dunia. Internet juga akan menyampaikan surat kepada teman kita di seberang pulau, bahkan di seberang benua sana.

Begitu kira-kira bunyi salah satu iklan layanan masyarakat yang bisa kita saksikan melalui televisi. Bayangkan, hanya dengan internet kita bisa mengetahui kabar terbaru dari seluruh dunia. Kita juga bisa tahu seperti apa keadaan roket yang sedang diuji coba di luar angkasa.

Dengan sebuah blog, kita bisa menjadi penulis dengan memajang karya kita. Bahkan, kita bisa bercakap-cakap sambil menatap sahabat pena di Afrika melalui web camera. Hanya dengan duduk di depan layar komputer, kita sudah dapat browsing, chatting, surfing, atau bermain games.

Aturan main

Ya, tetapi jangan lupa bersahabat dengan internet ada aturannya. Kalau tidak tahu aturan dan cara bermainnya, bersahabat dengan internet bisa

yang diculik saat pulang sekolah, lalu orang tuanya harus memberi sejumlah uang sebagai tebusan. Setelah ditelusuri, ternyata kasus penculikan itu berawal dari kesenangan anak tersebut pada internet yaitu chatting. Tanpa disadari anak tersebut memberikan data-data pribadinya kepada teman chatting yang ternyata seorang penjahat yang menyamar sebagai anak-anak.

Agar kejadian seperti itu tidak menimpa kita, ikuti rambu-rambu berikut. 1. Tidak memberikan informasi pribadi

Di internet, setiap orang bisa menyamar sebagai siapa saja. Bisa saja teman chatting-mu mengaku berusia 10 tahun, padahal ia orang dewasa seusia ayah atau ibumu. Itu sebabnya, jangan pernah memberi informasi pribadi, seperti nomor telepon, alamat rumah, alamat/nomor telepon kantor orang tua, atau nama dan lokasi sekolah tanpa izin orang tua.

2. Tidak pergi sendiri

Ajak orang tua atau orang dewasa lain dalam keluarga untuk menemani jika kamu ingin bertemu seseorang yang dikenal melalui internet.

3. Jangan malu bertanya

Terutama kepada orang tua atau kakak mengenai internet, seperti cara melindungi informasi pribadi, cara menggunakan chat romms, news group, atau fasilitas lainnya dalam internet.

4. Tidak membuka sembarang situs

Lupakan keinginan dan rasa penasaranmu untuk membuka sembarang situs, apalagi situs untuk orang dewasa. Hal itu hanya akan merugikan dirimu sendiri. Beri tahu orang tua jika menemukan informasi yang membuatmu gelisah. Selain itu, segera hapus bila kamu mendapat e-mail yang isinya tak sopan. 5. Teliti dan hati-hati

Pastikan untuk tidak memberikan password-mu kepada siapa pun, termasuk teman akrab, kecuali kepada orang tua. Jangan lupa menekan tanda keluar atau sign out atau log out, jika selesai membuka e-mail atau situs lain, terutama di warung internet. Ini untuk menghindari orang lain mengetahui identitasmu dan memasuki situs tertentu dengan menggunakan identitasmu.

6. Awas virus

Sebelum men-download data atau meng-install software ke komputer rumah, konsultasi dulu dengan orang tua. Cara download atau install software

yang kurang hati-hati bisa menyebabkan komputer terserang virus.

Kamu nggak mau kan komputermu rusak dan semua arsip penting lenyap karena serangan virus?

Latihan 6.3

7. Buat kesepakatan

Satu ini wajib hukumnya! Buatlah kesepakatan dengan orang tua, apa saja yang menjadi ketentuan dalam menggunakan internet. Misalnya kapan, di mana, dan berapa lama kamu boleh menggunakan internet. Pastikan juga situs apa saja yang boleh dibuka.

Enggak susah, kan? Yang kita perlukan hanya kesadaran untuk berdisiplin dan tanggung jawab kepada diri sendiri, kok. Dengan begitu, internet akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan kita.

Dyah Pratitasari

Penulis Lepas Tinggal di Jakarta

Kompas, 25 Maret 2007.

Dalam bacaan tersebut, terdapat beberapa kalimat atau gagasan utama, yaitu sebagai berikut.

Paragraf Gagasan utama

1 Keuntungan memanfaatkan layanan internet.

2 Jenis layanan atau fasilitas internet. 3 Kerugian bersahabat dengan internet.

4 Rambu-rambu menggunakan internet.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat!

1. Apa saja keuntungan menggunakan internet? 2. Sebutkan fasilitas yang terdapat dalam internet!

3. Mengapa internet bisa menjadi sahabat yang merugikan? Jelaskan dengan contoh!

4. Apa yang dimaksud chatting?

Tugas 6.3

Bacalah wacana berikut lalu tentukan gagasan utama tiap paragraf! Televisi Sekolah

Pasti Asyik Banget

Media informasi dan komunikasi SMP dan SMA adalah majalah dinding, koran, dan majalah atau paling top, ya, radio sekolah. Sekolah yang mempunyai stasiun televisi, meski cuma laboratorium, masih jarang sekali. Apalagi sampai memproduksi acara televisi sendiri, lalu mengudara di lingkup sekolah.

Sejumlah perguruan tinggi dan sekolah menengah atas, terutama yang mempunyai jurusan ilmu komunikasi dan broadcasting, biasanya mempunyai laboratorium televisi. Universitas Dian Nuswantoro Semarang, misalnya mempunyai TiviKu. Dulu teve kampus, kini menjadi teve komersial. Jurusan Komunikasi Undip, SMK Grafika, SMK 1 Kendal, dan SMK Pati juga mempunyai laboratorium televisi. Karena laboratorium, maka hanya dipakai sebatas untuk praktik, belum digarap serius untuk mengudara secara rutin.

Adapun SMP Labschool Rawamangun, Jakarta sudah menggarap secara serius televisi sekolah yang diberi nama Labs TV. Langkah sekolah di kompleks Unversitas Negeri Jakarta (UNJ) itu layak diikuti sekolah lain. Januari lalu, Labs TV uji coba siaran. Liputan para siswa yang sudah diedit, ditayangkan, dan ditonton guru serta siswa lewat layar televisi di berbagai ruangan di sekolah.

Kru Labs TV adalah para siswa yang mengikuti ekskul broadcast. Semua proses produksi (wawancara, liputan, dan pengeditan) dilakukan siswa. Yang menjadi presenter pun mereka.

Siaran Labs TV tidak sebatas siaran tunda tapi juga liputan langsung, wawancara dengan kepala sekolah, ketua OSIS, dan orang tua siswa. Sesekali materi acara diselingi siaran musik.

Materi acara berhubungan dengan aktivitas sekolah seperti info sekolah, pesan dari kepala sekolah, atau bincang-bincang dengan sejumlah narasumber. Seperti yang diberitakan Republika Online, para siswa yang terlibat dalam produksi sangat antusias. Murid dan guru yang menyaksikan juga tidak kalah semangat. Mereka berkerumun di dekat televisi, memelototi acara demi acara.

Ketua OSIS SMP Labschool, Iqbal Jordy Purwanto, mengatakan bahwa kru yang terlibat dalam produksi acara mendapat banyak pengalaman. Salah seorang siswa yang menjadi reporter, Adrian, sependapat. Dia bangga bisa mewawancara orang terkenal seperti Butet Kartaredjasa, Dhea Ananda, dan Dwi Andhika.

Oh iya, kerja para siswa itu didampingi pekerja televisi profesional. Mereka memakai peralatan stasiun televisi sungguhan, bukan handycam. Sebelum terjun ke lapangan, mereka sudah dibekali pengetahuan praktis dunia pertelevisian.

Situs Bahasa

Latihan 6.4

Menggunakan Kata Ganti Orang dalam Kalimat

Bacalah kembali wacana "Televisi Sekolah, Pasti Asyik Banget" dan perhatikan kalimat berikut!

1. Mereka memelototi acara demi acara.

2. Dia bangga bisa mewawancarai orang terkenal, seperti Dhea Ananda dan Dwi Andika. Pada kalimat tersebut terdapat kata ganti orang, yaitu mereka dan dia. Mereka menunjuk pada kata ganti orang ketiga jamak. Adapun dia menunjuk pada kata ganti orang kedua tunggal.

Apa pengertian kata ganti orang? Kata ganti orang atau pronomina persona adalah kata yang mengganti orang yang lebih dulu disebut. Kata ganti orang terdapat atas:

1. kata ganti orang pertama, yaitu kata ganti yang mengacu pada diri sendiri

2. kata ganti orang kedua, yaitu kata ganti yang mengacu pada orang yang diajak bicara 3. kata ganti orang ketiga, yaitu kata ganti yang mengacu pada orang yang dibicarakan.

Ketiga jenis kata ganti tersebut dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu yang mengacu pada makna tunggal dan mengacu pada makna jamak. Agar lebih jelas, perhatikan tabel berikut!

Jenis kata Makna

ganti orang Tunggal Jamak

Pertama Saya, aku, daku, ku-, -ku kami, kita

Kedua Engkau, kamu, Anda, kalian, kamu(sekalian),

dikau, kau-, -mu Anda (sekalian)

Ketiga Ia, dia, beliau, -nya mereka, -nya

Lengkapilah kalimat-kalimat berikut dengan kata ganti yang sesuai!

1. Bagaimana kalau pagar tanaman itu … bentuk menjadi ikan?" kakek menunjuk pagar tanaman yang dengan subur mengelilingi kebun belakang.

Tugas 6.4

3. Lia : "Apa yang … lakukan saat liburan? Vena : "… berkebun bersama ibu."

4. Murid-murid telah kehilangan sosok guru yang … cintai. 5. "Hai, anak-anak, apa … tidak dengar kata-kata paman?"

1. Daftarkan kata ganti orang yang terdapat dalam cerpen "Iman Versus Superman"! 2. Kelompokkan kata ganti tersebut sesuai golongannya masing-masing!

ドキュメント内 本取扱説明書は 以下の機種を対象としています 品名品番ファームウェアバージョン Switch-M24GPWR+ PN26249K 以上 2 (Page 81-84)